Kamis, 24 Mei 2012

CONTOH RPP KONSTRUKTIVISME





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   : MTsN Siak
Mata Pelajaran         : IPS
Kelas                      : VII
Pokok Bahasan         : Usaha-Usaha Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia
Sub pokok Bahasan   : Peristiwa penting sekitar proklamasi
Alokasi waktu          : 2 X 40 menit
Indikator hasil Belajar:
Ø  Siswa dapat menjelaskan tanggapan para pejuang terhadap berita kekalahan Jepang.
Ø  Siswa dapat menjelaskan terjadinya peristiwa Rengas Dengklok
Ø  Siswa dapat menjelaskan peristiwa perumusan teks proklamasi
Ø  Siswa dapat menjelaskan peristiwa pembacaan teks proklamasi
Ø  Siswa dapat menjelaskan penyebarluasan berita proklamasi
Materi :
Ø  Persiapan kemerdekaan Indonesia
Ø  Peristiwa penting sekitar proklamasi
Ø  Proses penyebaran berita proklamasi kemerdekaan dan sikap rakyat di berbagai daerah.
Pendekatan, Metode dan Media
Pendekatan    : Konsep
Metode         : Ceramah, diskusi, tanya jawab, sosio drama
Media           :Gambar-gambar seputar peristiwa proklamasi dan gambar tokoh proklamasi


Kegiatan Pembelajaran



Mengungkapkan motivasi
 
 
Ø  Menunjukkan gambar-gambar seputar peristiwa proklamasi dan mendorong akan pentingnya siswa memahami peristiwa sekitar proklamasi dan meminta pendapat siswa pendapat siswa bagaimana usaha bangsa Indonesia merebut kemerdekaan



Ekslporasi
 
 
Ø  Secara berkelompok siswa diminta untuk berdiskusi mencari bagaimana usaha perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan dan kemudia mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas


Diskusi dan penjelasan konsep
 
 
Ø  Guru menjelaskan peristiwa sekitar proklamasi kemudian meminta siswa untuk melakukan sosio drama dengan menunjukkan beberapa siswa berperan sebagai tokoh-tokoh yang terlibat dalam peristiwa sekitar proklamasi



Pengembangan aplikasi
 
 
Ø  Penerapan sikap nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan sehari-hari dan membuat laporan singkat tentang perbandingan kehidupan di zaman penjajahan denga zaman kemerdekaan sekarang ini


Tahap
Waktu
Kegiatan Guru
Apersepsi

1.Guru memperlihatkan gambar-gambar seputar peristiwa proklamasi
2. guru meminta siswa memperhatikan gambar mulai masuknya Jepang ke Indonesia serta proklamsi kemerdekaan Indonesia dan kemudian mengajukan pertanyaan tentang kapan masuknya Jepang ke Indonesia serta tanggal berapa bangsa Indonesia merdeka

Eksplorasi

1. Guru meminta siswa untuk membentuk kelompok kemudian guru membagikan LKS yang telah disediakan.
2. berdasarkan hasil apersepsi mengerjakan LKS tersebut
3. setelah selesai guru meminta tiap-tiap kelompok untuk mengumpulkan hasil diskusinya
4. Guru meminta perwakilan salah satu kelompok untuk membacakan hasil diskusinya sementara kelompok lain mendengarkan, memberi pendapat/komentar dan saran
Diskusi dan penjelasan konsep

Berdasarkan hasil eksplorasi dari siswa guru kemudian menjelaskan materi mengenai peristiwa sekitar proklamasi dan bagaimana siswa menghargai jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan, kemudian secara berkelompok guru menyuruh masing-masing kelompok untuk melakukan sosio drama sederhana untuk mempermudah penjelasan dari materi yang telah diterangkan
Aplikasi

1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menceritakan sikap patriotisme dan nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari.
2. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menuliskan perbandingan kehidupan masa penjajahan dengan masa sekarang.


EVALUASI
1)    Apa yang dilakukan golongan muda setelah mendengar berita kekalahan Jepang?
2)    Bagaimana tanggapan golongan tua terhadap tuntutan golongan muda agar golongan tua segera memproklamir kan kemerdekaan?
3)    Apakah dengan peristiwa Rengas dengklok tersebut maka proklamasi bisa terwujud?
4)    Bagaimana sambutan rakyat setelah mendengar bahwa bangsa Indonesia telah merdeka?
5)    Bagaimana penyebaran berita proklamasi dilakukan karena belum semua rakyat di dearah mengetahuinya?



PENILAIAN
No
Nama siswa
Kerja sama
kemandirian
kreativitas
ketrampilan
Problem
solving
ket









Keterangan skor
A = sangat baik                           D = Kurang
B = baik                                    E = Kurang sekali
C = Cukup                                  F = Sangat kurang sekali

LEMBAR KERJA SISWA ( LKS )
Kelompok                                  : __________________
Anggota                                     : 1____  2.____  3. ____ 4.____ 5.______
Tanggal Kegiatan                        :
Judul kegiatan                            : Peristiwa sekitar proklamasi
Petunjuk kegiatan
1. Bacalah soal dengan teliti
2. Untuk soal no 1, tulislah jawaban mu pada kolom yang telah disediakan dengan cara memberi tanda untuk setiap jawaban yang benar.
Soal
1. Hal-hal apasaja yang telah terjadi pada peristiwa proklamasi kemerdekaan ?
No
Peristiwa
ada
Tidak ada
1
Kedatangan Jepang ke Indonesia tahun 1942


2
Jepang bersikap kasar awalnya pada bangsa Indonesia


3
Jepang mempropagandakan gerakan 3A


4
Berita kekalahan Jepang diketahui awalnya oleh golongan muda


5
Peristiwa Rengas dengklok


6
Perumusan teks proklamasi di rumah laksamana muda maeda


7
Proklamasi dikumandangkan tanggal 17 Agustus 1945


8
Jepang angkat kaki setelah setelah proklamasi dikumandangkan


9
Berita proklamasi membawa kegembiraan bagi rakyat Indonesia


10
Berita proklamasi disebar luaskan melalui pamplet, koran, majalah dan lain-lain



EVALUASI
KD
Indikator
Butir soal
Kunci jawaban
Skor
Mendeskripsikan peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentunya NKRI
Menjelaskan tanggapan para pejuang terhadap berita kekalahan Jepang
1.Apa yang menyebabkan AS membom kota Hiroshima dan Nagasaki.
2.



2.Tanggal berapa bom dijatuhkan di kota Hiroshima dan Nagasaki?
3. Bom apa yang dijatuh kan oleh AS di Jepang
4. Tanggal berapa Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu
1. balas dendam karena Jepang telah membom Pearl habour tahun 1942
- tanggal 6 dan 9 agustus 1945
- Bom atom

-Tanggal 14 Agustus 1945


Menjelaskan terjadinya peristiwa Rengas Dengklok
1. Kapan terjadinya peristiwa Rengas dengklok?
2. Siapa yang diamankan oleh para pemuda?
3. Apa tujuan dari peristiwa Rengas dengklok ?
- tanggal 16 Agustus 1945
-Soekarno dan Hatta
-agar golongan tua segera memproklamasikan kemerdekaan.


Menjelaskan peristiwa perumusan teks proklamasi
1. Dimanakah dirumuskan naskah proklamasi?
2. Tanggal berapa dirumuskan teks proklamasi?
3. Siapa yang merumuskan naskah proklamasi?
4. Siapa yang menanda tangani naskah proklamasi ?
5. Siapa yang mengetik naskah Proklamasi?
-di rumah laksamana muda Maeda
-Tanggal 16-8-1945


-Soekarna, Hatta dab Ahmad Subarjo
-Soekarno dan Hatta

-Sayuti melik


Menjelaskan peristiwa pembacaan teks proklamasi
1. Dimanakah teks proklamasi dikumandangkan?
2. tanggal berapa teks proklamasi dibacakan ?
3. Bagaimana tanggapan rakyat bdengan berita kemerdekaan bangsa Indonesia
-Di jln Pengangsaan timur no 56 Jakarta
- 17-8-1945

-      Sangat gembira


Menjelaskan penyebarluasan berita proklamasi
1. Bagaimana berita proklamasi disebarluaskan?

2. Apakah semua rakyat Indonesia mengetahui bahwa Bangsa Indonesia merdeka ?
- Dengan cara disiarkan di radio, majalah, pamplet dll
- Tidak, karena banyak yang tinggal didaerah-daerah yang tidak terjangkau alat komunikasi.


                                                 


PENILAIAN PERILAKU ASPEK AFEKTIF
KD
Indikator
Aspek Afektif
Kriteri Penilaian
Skor
Mendeskripsikan peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentunya NKRI
Menjelaskan tanggapan para pejuang terhadap berita kekalahan Jepang
Sikap terhadap objek





Memberi mpendapat













Bekerja sama
-Antusias terhadap objek
-Memberi perhatian terhadap objek
-Mau menerima objek
-Menerima objek tetapi tidak serius.
-Tidak peduli terhadap objek

-Memberi pendapat yang lengkap sesuai materi dan memberi saran
-Memberi pendapat yang kurang lengkap tetapi sesuai materi dan memberi saran
-Memberi pendapat yang kurang lengkap tidak sesuai materi dan memberi saran
-Memberi pendapat yang kurang lengkap tidak sesuai materi
-Tidak mau memberi pendapat apa pun

-Mau bekerjasama dengan teman di kelas secara kooperatif
-Mau bekerjasama dengan kelompok yang telah ditentukan oleh guru dengan suka cita
-Mau bekerjasama tetapi hanya dengan orang tertentu
-Mau bekerjasama jika diminta guru dengan paksa
-Tidak mau bekerjasama dengan siapapun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar