RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
MTsN Siak
Mata Pelajaran :
IPS
Kelas :
VII
Pokok Bahasan :
Usaha-Usaha Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia
Sub pokok Bahasan :
Peristiwa penting sekitar proklamasi
Alokasi waktu :
2 X 40 menit
Indikator hasil Belajar:
Ø Siswa dapat menjelaskan tanggapan para pejuang terhadap berita kekalahan
Jepang.
Ø Siswa dapat menjelaskan terjadinya peristiwa Rengas Dengklok
Ø Siswa dapat menjelaskan peristiwa perumusan teks proklamasi
Ø Siswa dapat menjelaskan peristiwa pembacaan teks proklamasi
Ø Siswa dapat menjelaskan penyebarluasan berita proklamasi
Materi :
Ø Persiapan kemerdekaan Indonesia
Ø Peristiwa penting sekitar proklamasi
Ø Proses penyebaran berita proklamasi kemerdekaan dan sikap rakyat di
berbagai daerah.
Pendekatan, Metode dan Media
Pendekatan : Konsep
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, sosio
drama
Media :Gambar-gambar seputar peristiwa
proklamasi dan gambar tokoh proklamasi
Kegiatan
Pembelajaran
|
Ø Menunjukkan gambar-gambar seputar peristiwa proklamasi dan mendorong
akan pentingnya siswa memahami peristiwa sekitar proklamasi dan meminta
pendapat siswa pendapat siswa bagaimana usaha bangsa Indonesia merebut
kemerdekaan
|
Ø Secara berkelompok siswa diminta untuk berdiskusi mencari bagaimana
usaha perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan dan kemudia
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
|
Ø Guru menjelaskan peristiwa sekitar proklamasi kemudian meminta siswa
untuk melakukan sosio drama dengan menunjukkan beberapa siswa berperan sebagai
tokoh-tokoh yang terlibat dalam peristiwa sekitar proklamasi
|
Ø Penerapan sikap nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan sehari-hari
dan membuat laporan singkat tentang perbandingan kehidupan di zaman penjajahan
denga zaman kemerdekaan sekarang ini
Tahap
|
Waktu
|
Kegiatan
Guru
|
Apersepsi
|
1.Guru memperlihatkan
gambar-gambar seputar peristiwa proklamasi
2. guru meminta siswa
memperhatikan gambar mulai masuknya Jepang ke Indonesia serta proklamsi
kemerdekaan Indonesia dan kemudian mengajukan pertanyaan tentang kapan
masuknya Jepang ke Indonesia serta tanggal berapa bangsa Indonesia merdeka
|
|
Eksplorasi
|
1. Guru meminta siswa
untuk membentuk kelompok kemudian guru membagikan LKS yang telah disediakan.
2. berdasarkan hasil
apersepsi mengerjakan LKS tersebut
3. setelah selesai
guru meminta tiap-tiap kelompok untuk mengumpulkan hasil diskusinya
4. Guru meminta
perwakilan salah satu kelompok untuk membacakan hasil diskusinya sementara
kelompok lain mendengarkan, memberi pendapat/komentar dan saran
|
|
Diskusi
dan penjelasan konsep
|
Berdasarkan hasil
eksplorasi dari siswa guru kemudian menjelaskan materi mengenai peristiwa
sekitar proklamasi dan bagaimana siswa menghargai jasa para pahlawan dalam
merebut kemerdekaan, kemudian secara berkelompok guru menyuruh masing-masing
kelompok untuk melakukan sosio drama sederhana untuk mempermudah penjelasan
dari materi yang telah diterangkan
|
|
Aplikasi
|
1. Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk menceritakan sikap patriotisme dan nasionalisme
dalam kehidupan sehari-hari.
2. Guru memberikan
tugas kepada siswa untuk menuliskan perbandingan kehidupan masa penjajahan
dengan masa sekarang.
|
EVALUASI
1) Apa yang dilakukan golongan muda setelah mendengar berita kekalahan
Jepang?
2) Bagaimana tanggapan golongan tua terhadap tuntutan golongan muda agar
golongan tua segera memproklamir kan kemerdekaan?
3) Apakah dengan peristiwa Rengas dengklok tersebut maka proklamasi bisa
terwujud?
4) Bagaimana sambutan rakyat setelah mendengar bahwa bangsa Indonesia telah
merdeka?
5) Bagaimana penyebaran berita proklamasi dilakukan karena belum semua
rakyat di dearah mengetahuinya?
PENILAIAN
No
|
Nama
siswa
|
Kerja
sama
|
kemandirian
|
kreativitas
|
ketrampilan
|
Problem
solving
|
ket
|
Keterangan skor
A = sangat baik D = Kurang
B = baik E = Kurang
sekali
C = Cukup F = Sangat
kurang sekali
LEMBAR KERJA SISWA ( LKS )
Kelompok :
__________________
Anggota :
1____ 2.____ 3. ____ 4.____ 5.______
Tanggal
Kegiatan :
Judul
kegiatan :
Peristiwa sekitar proklamasi
Petunjuk
kegiatan
1.
Bacalah soal dengan teliti
2.
Untuk soal no 1, tulislah jawaban mu pada kolom yang telah disediakan dengan
cara memberi tanda untuk setiap jawaban yang benar.
Soal
1.
Hal-hal apasaja yang telah terjadi pada peristiwa proklamasi kemerdekaan ?
No
|
Peristiwa
|
ada
|
Tidak
ada
|
1
|
Kedatangan Jepang ke Indonesia tahun 1942
|
||
2
|
Jepang bersikap kasar awalnya pada bangsa
Indonesia
|
||
3
|
Jepang mempropagandakan gerakan 3A
|
||
4
|
Berita kekalahan Jepang diketahui awalnya oleh
golongan muda
|
||
5
|
Peristiwa Rengas dengklok
|
||
6
|
Perumusan teks proklamasi di rumah laksamana muda
maeda
|
||
7
|
Proklamasi dikumandangkan tanggal 17 Agustus 1945
|
||
8
|
Jepang angkat kaki setelah setelah proklamasi
dikumandangkan
|
||
9
|
Berita proklamasi membawa kegembiraan bagi rakyat
Indonesia
|
||
10
|
Berita proklamasi disebar luaskan melalui
pamplet, koran, majalah dan lain-lain
|
EVALUASI
KD
|
Indikator
|
Butir
soal
|
Kunci
jawaban
|
Skor
|
Mendeskripsikan peristiwa sekitar proklamasi dan proses
terbentunya NKRI
|
Menjelaskan tanggapan para pejuang terhadap
berita kekalahan Jepang
|
1.Apa yang menyebabkan AS membom kota Hiroshima
dan Nagasaki.
2.
2.Tanggal berapa bom dijatuhkan di kota Hiroshima
dan Nagasaki?
3. Bom apa yang dijatuh kan oleh AS di Jepang
4. Tanggal berapa Jepang menyerah tanpa syarat
kepada sekutu
|
1. balas dendam karena Jepang telah membom Pearl
habour tahun 1942
- tanggal 6 dan 9 agustus 1945
- Bom atom
-Tanggal 14 Agustus 1945
|
|
Menjelaskan terjadinya peristiwa Rengas Dengklok
|
1. Kapan terjadinya peristiwa Rengas dengklok?
2. Siapa yang diamankan oleh para pemuda?
3. Apa tujuan dari peristiwa Rengas dengklok ?
|
- tanggal 16 Agustus 1945
-Soekarno dan Hatta
-agar golongan tua segera memproklamasikan
kemerdekaan.
|
||
Menjelaskan peristiwa perumusan teks proklamasi
|
1. Dimanakah dirumuskan naskah proklamasi?
2. Tanggal berapa dirumuskan teks proklamasi?
3. Siapa yang merumuskan naskah proklamasi?
4. Siapa yang menanda tangani naskah proklamasi ?
5. Siapa yang mengetik naskah Proklamasi?
|
-di rumah laksamana muda Maeda
-Tanggal 16-8-1945
-Soekarna, Hatta dab Ahmad Subarjo
-Soekarno dan Hatta
-Sayuti melik
|
||
Menjelaskan peristiwa pembacaan teks proklamasi
|
1. Dimanakah teks proklamasi dikumandangkan?
2. tanggal berapa teks proklamasi dibacakan ?
3. Bagaimana tanggapan rakyat bdengan berita
kemerdekaan bangsa Indonesia
|
-Di jln Pengangsaan timur no 56 Jakarta
- 17-8-1945
- Sangat gembira
|
||
Menjelaskan penyebarluasan berita proklamasi
|
1. Bagaimana berita proklamasi disebarluaskan?
2. Apakah semua rakyat Indonesia mengetahui bahwa
Bangsa Indonesia merdeka ?
|
- Dengan cara disiarkan di radio, majalah,
pamplet dll
- Tidak, karena banyak yang tinggal
didaerah-daerah yang tidak terjangkau alat komunikasi.
|
PENILAIAN PERILAKU ASPEK AFEKTIF
KD
|
Indikator
|
Aspek
Afektif
|
Kriteri
Penilaian
|
Skor
|
Mendeskripsikan peristiwa sekitar proklamasi dan
proses terbentunya NKRI
|
Menjelaskan tanggapan para pejuang terhadap
berita kekalahan Jepang
|
Sikap terhadap objek
Memberi mpendapat
Bekerja sama
|
-Antusias terhadap objek
-Memberi perhatian terhadap objek
-Mau menerima objek
-Menerima objek tetapi tidak serius.
-Tidak peduli terhadap objek
-Memberi pendapat yang lengkap sesuai materi dan
memberi saran
-Memberi pendapat yang kurang lengkap tetapi
sesuai materi dan memberi saran
-Memberi pendapat yang kurang lengkap tidak
sesuai materi dan memberi saran
-Memberi pendapat yang kurang lengkap tidak
sesuai materi
-Tidak mau memberi pendapat apa pun
-Mau bekerjasama dengan teman di kelas secara
kooperatif
-Mau bekerjasama dengan kelompok yang telah
ditentukan oleh guru dengan suka cita
-Mau bekerjasama tetapi hanya dengan orang
tertentu
-Mau bekerjasama jika diminta guru dengan paksa
-Tidak mau bekerjasama dengan siapapun.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar